Apa itu Geopark

PUSAT PENELITIAN GEOPARK DAN KEBENCANAAN GEOLOGI

(PUSLIT GKG)

Alamat            : Kampus Iwa Koesoema Soemantri, Gedung-3 (belakang)

Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung 40132

Telepone          : +628112213566

E- mail             : [email protected]

Website           : www.geoparks.id

Perkembangan dunia khususnya Indonesia yang selama ini memprioritaskan sektor pertambangan (ekstraktif) dalam pemanfaatan sumberdaya alam atau sumberdaya geologi bagi pembangunan untuk peningkatan ekonomi nasional, saat ini berkembang dengan turut menerapkan KONSEP GEOPARK (Taman Bumi), yaitu konsep manajemen pengembangan suatu kawasan secara berkelanjutan yang memaduserasikan tiga keanekaragaman alam, yaitu: Geologi (Geodiversity), Hayati (Biodiversity) dan Budaya (Culturaldiversity).  Konsep ini mulai di kembangkan di PBB melalui UNESCO sejak tahun 2004.  Dalam pengembangannya konsep ini berpilar pada aspek: Konservasi; Edukasi; Pemberdayaan Masyarakat (Community Development) dan Penumbuhan Nilai Ekonomi Lokal melalui Geowisata. Sehingga mempunyai motto: “Memuliakan Bumi, Menyejahterakan Masyarakat”.

 

Kampus Lapangan Geologi Surade, Kabupaten Sukabumi

Kampus Lapangan Geologi
Surade, Kabupaten Sukabumi

Universitas Padjadjaran berkomitmen untuk mengembangkan konsep geopark dengan mendirikan Puslit GKG pada tahun 2016 dan menetapkannya sebagai program unggulan dengan visi untuk menjadi pusat kajian dan rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pengelolaan sumberdaya geologi untuk harmonisasi kehidupan di tingkat lokal, nasional dan global.

Misi Puslit GKG adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan penelitian pengembangan teori dan konsep yang berkaitan dengan sumberdaya geologi;
  2. Melaksanakan penelitian kaji tindak tentang pengembangan dan pengelolaan sumberdaya geologi;
  3. Melaksanakan kajian budaya dan pemetaan sosial di lokasi potensi sumberdaya geologi;
  4. Melaksanakan kegiatan pelatihan, pendampingan, dan penguatan kelembagaan yang berkaitan dengan permasalahan pengembangan dan pengelolaan sumberdaya geologi;
  5. Melaksanakan kajian geologi, biologi dan budaya suatu kawasan untuk dapat dikembangkan melalui konsep geopark;
  6. Melaksanakan kegiatan pelatihan, pendampingan, dan penguatan kelembagaan untuk mengembangkan menjadi kawasan geopark;
  7. Melaksanakan kajian terkait kebencanaan geologi dan berperan aktif dalam kegiatan pengurangan resiko serta penanggulangan kebencanaan.

 

CAPAIAN PUSLIT GKG TAHUN 2016-2017

Pengalaman kerjasama Puslit GKG Tahun 2016-2017 adalah sebagai berikut:

  1. Penyusunan dan Pencetakan Buku Geopark Ciletuh di Jawa Barat, kerjasama CV. Vidiatama dan Dinas ESDM Jawa Barat (2016).
  2. Pengembangan Data dan Informasi Pilar Geopark Ciletuh di Jawa Barat, kerjasama PT. Syapril Janizar dan Dinas ESDM Jawa Barat (2016).
  3. Penyelidikan Geohidrologi Kawasan Ciletuh di Jawa Barat, kerjasama PT. Inasa Sakha Kirana dan Dinas ESDM Jawa Barat (2016).
  4. Pembuatan Papan Informasi Geopark Ciletuh di Jawa Barat, kerjasama CV. Vidiatama dan Dinas ESDM Jawa Barat (2017).
  5. Penyusunan Literasi Geosite di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, kerjasama CV. Winandi Kara dan Dinas Permukiman dan Perumahan Jawa Barat (2017).

 

Beberapa buku yang telah diterbitkan adalah “Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi – Indonesia”, “Panduan Wisata Ciletuh-Palabuhanratu Geoark”, dan “Ciletuh-Palabuhanratu Toward UNESCO Global Geoparks”.

error: Content is protected !!