Ijen, Photo: Ron Agusta

Ijen, Photo: Ron Agusta

Ijen, Indonesia

Ijen gunung berapi kompleks adalah sekelompok stratovolcanoes di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Indonesia. Ini adalah di dalam kaldera besar Ijen, yang berjarak sekitar 20 kilometer lebar. Gunung Merapi stratovolcano adalah titik tertinggi dari kompleks itu. Nama “Gunung Merapi” berarti “gunung api” dalam bahasa Indonesia (api menjadi “api”); Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Marapi di Sumatera memiliki etimologi yang sama.

Barat dari Gunung Merapi adalah gunung Ijen, yang memiliki satu kilometer-lebar danau kawah asam pirus berwarna. Danau ini situs dari operasi penambangan belerang padat karya, di mana keranjang belerang-sarat yang dibawa oleh tangan dari lantai kawah. pekerjaan dibayar dengan baik mengingat biaya hidup di daerah, tapi sangat berat. Pekerja memperoleh sekitar Rp 50.000 – 75.000 ($ 5,50- $ 8,30) per hari dan sekali keluar dari kawah, masih perlu membawa beban mereka dari potongan sulfur sekitar tiga kilometer ke dekat Paltuding Valley ke dibayar.

Banyak kerucut pasca-kaldera lain dan kawah yang terletak di dalam kaldera atau di sepanjang tepinya. Konsentrasi terbesar kerucut pasca-kaldera timur-barat di sisi selatan kaldera. Kawah aktif di Kawah Ijen memiliki diameter 722 meter (2.369 kaki) dan luas permukaan 0,41 kilometer persegi (0,16 sq mi). Ini adalah 200 meter (660 kaki) yang mendalam dan memiliki volume 36 hectometres kubik (29.000 acre · ft).

GALERI


error: Content is protected !!