Stabilisasi Lereng Melalui Terasering Daerah Cimarinjung – Puncak Darma, Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat

Profil lereng Cimarinjung - Puncak Darma (Brilyan, 2016)

Profil lereng Cimarinjung - Puncak Darma (Brilyan, 2016)

Brilyan Muhamad Agusta

Universitas Padjadjaran

Email: [email protected]

 

ABSTRAK

Setiap wilayah tentunya memiliki potensi untuk dikembangkan, dengan cara melalui perencanaan pembangunan.Suatu perencanaan pembangunan wilayah yang baik tentunya telah meliputi potensi dan kendala wilayah tersebut. Melalui kajian yang baik dan tepat akan dapat dicapai sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Kendala pada daerah penelitian di Cimarinjung – Puncak Darma Ciletuh, Sukabumi yaitu daerah rawan gerakan tanah (longsor). Salah satu jenis kebencanaan daerah rawan gerakan tanah perlu adanya perhatian khusus untuk dikaji dan diteliti. Dengan demikian dilakukan upaya untuk memperbaiki kestabilan lereng yang labil atau kritis menjadi stabil dan tidak beresiko untuk terjadinya longsoran. Salah satu upaya longsor yang dapat dicegah adalah dengan cara rekayasa lereng stabil yang dilihat dari parameter geoteknik sebagai acuan.

Untuk mengetahui rencana desain dan besaran nilai dari factory of safety perlu meggunakan bantuan software Rocscience Slide V6.009, Roclab dan dilakukannya pemangkasan beban lereng agar nilai FS dapat dicapai dan mengetahui pengaruh gempa terhadap FS. Perhitungan nilai FS tersebut menggunakan metode Bishop. Pada Material Pertama bobot isi bernilai 17.15 kN/𝑚3 , kohesi 37 kN/𝑚2, Sudut geser dalam 14˚. Pada material Kedua Bobot isi bernilai 19 kN/𝑚3 , kohesi 149.95 kN/𝑚2, Sudut geser dalam 52.86˚. Kondisi Desain lereng alami dengan nilai FS 1.017 dan diberikan beban gempa dengan nilai koefisien gempa 0.539 hasil untuk rekomendasi lereng stabil adalah desain lereng dengan enam terasering nilai FS 2.363 setelah diberikan beban gempa tetap stabil dengan nilai FS 1.278.

 

Kata Kunci : Cimarinjung, Puncak Darma, Ciletuh, longsor, pergerakan tanah, faktor keamanan, desain lereng stabil, gempa

error: Content is protected !!